Kelebihan Cat Dekoratif untuk Dekorasi Dinding

Pengertian Cat Dekoratif Dinding dan 7 Kelebihannya

Dinding perlu dicat agar penampilannya terlihat menarik. Warna-warni yang ada di permukaan dinding mampu menciptakan kesan tertentu. Misalnya seperti hijau yang dapat menyejukkan ruangan, putih untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas, jingga agar ruangan tampak ceria, ungu untuk membuat ruangan terlihat elegan, dan lain-lain. Pemilihan warna cat ini bisa disesuaikan dengan kesan yang ingin Anda ciptakan pada ruangan. Biasanya orang mengecat dinding rumahnya menggunakan warna yang polos. Cat tersebut diaplikasikan di seluruh permukaan dinding secara merata. Hasilnya rumah pun tampak rapi dan lebih menarik dengan dinding yang berwarna. Namun kalau Anda menginginkan dinding yang unik, berbeda, dan lain daripada lainnya, cobalah mengaplikasikan cat dekoratif dinding. Teknik pengecatan ini mampu menciptakan dinding dengan tampilan yang lebih menarik. PENGERTIAN Cat dekoratif adalah cat yang digunakan sebagai penghias utama dari suatu ruangan. Istilah cat dekoratif ini bukan mengacu pada suatu produk atau barang, melainkan hasil jadinya. Cat yang digunakan sebagai penghias utama suatu ruangan disebut cat dekoratif. Faktanya, pembuatan cat dekoratif bisa dilakukan menggunakan berbagai produk cat. Dengan menerapkan metode pengecatan dekoratif, Anda bisa membuat cat dekoratif di rumah. Teknik pengecatan dekoratif merupakan alternatif dari teknik pengecatan konvensional. Teknik ini akan menghasilkan cat yang memiliki motif atau corak tertentu pada dinding, bukan hanya cat yang terlihat polos seperti biasanya. Dengan hasil yang unik ini, dinding yang dicat dengan teknik dekoratif akan langsung menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Dengan kata lain, cat tersebut juga akan menjadi aksen penghias utama. Pada dasarnya, tak ada aturan baku dalam membuat cat dekoratif. Dinding yang dicat dengan warna yang tidak polos dan tidak rata layak disebut menggunakan cat dekoratif. Dengan tidak adanya pakem-pakem khusus dalam prinsip pembuatannya, maka kreasi cat dekoratif ini luas sekali. Selain bermain dengan warna-warna yang digunakan, Anda juga bisa mengkreasikannya memakai berbagai alat-alat lukis sehingga hasil pengecatannya pun lain daripada biasanya. KELEBIHAN Kenyataannya tidak sedikit orang yang mengaplikasikan cat dekoratif di rumah tinggalnya. Mengapa cat dekoratif ini banyak dipilih? Hal ini tidak terlepas dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh cat dekoratif, antara lain :
  1. Mampu menciptakan kesan yang unik pada ruangan. Kesan yang tercipta dari pemakaian cat dekoratif ini lain daripada cat konvensional. Cat dekoratif mampu menghidupkan suasana ruangan.
  2. Menjadi alternatif dari penerapan finishing cat dengan metode biasa. Anda yang merasa bosan dengan cat yang tampak polos bisa menggunakan cat dekoratif ini. Hasilnya benar-benar berbeda daripada biasanya.
  3. Cat dekoratif dapat menarik perhatian dari kesan tidak biasa yang dimilikinya. Semua mata akan langsung tertuju ke cat ini begitu melihatnya. Anda bisa memakainya sebagai titik fokus di ruangan.
  4. Cat dekoratif bisa menjadi pengganti wallpaper karena memiliki motif yang menarik,. Anda tidak perlu memasang wallpaper untuk menampilkan motif/corak tertentu pada dinding ruangan lagi.
  5. Apabila ada permukaan dinding yang kurang sempurna, misalnya bergelombang atau tidak rata, maka Anda bisa mengaplikasikan cat dekoratif untuk menutupi kekurangan dari dinding tersebut.
  6. Penerapan cat dekoratif dapat diaplikasikan pada ruangan dengan desain apapun karena sifatnya yang fleksibel. Anda bisa membuat cat dekoratif ini di ruangan yang bergaya modern, minimalis, etnik, bahkan mewah sekali pun.
  7. Pengecatan dengan metode cat dekoratif dapat menghemat kebutuhan cat dinding. Hal ini tidak terlepas dari penerapan cat yang tidak dilakukan secara merata. Alhasil, Anda pun dapat menghemat anggaran.
Sumber : https://arafuru.com/sipil/pengertian-cat-dekoratif-dinding-dan-7-kelebihannya.html
Beberapa info tambahan kelebihan yang bisa didapatkan dari cat dekoratif antara lain adalah sebagai berikut :
  • Menjadi pilihan alternatif dari penggunaan finsihing cat standar.
  • Corak, warna dan teksturnya yang amat beragam bisa digunakan sebagai aksen pemanis yang menghidupkan suasana ruangan.

Contoh Project Cat Dekoratif di Jakarta :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.